FITTING PIPA HDPE – PE 100 FITTING

FITTING PIPA HDPE – PE 100 FITTING

Pipa HDPE dapat menggunakan berbagai jenis fitting antara lain:

  1. Butt fusion fitting yang terdiri dari:
    • Segmented fitting
    • Mold fitting
  2. Compression fitting
  3. Electro fusion fitting
  4. Mechanical Fitting

HDPE SEGMENTED BUTT FUSION FITTING

Itulah kalimat yang lengkap tentang jenis sambungan ini dan sekaligus menggambarkan bahwa fitting HDPE ini dibuat dengan cara memotong pipa HDPE sedemikian rupa dan kembali disambung sehingga membentuk fitting.

SEGMENTED FITTING HDPE dapat dibuat dari pipa PN 10 SDR 17 maupun pipa HDPE dengan ketebalan lainnya. Disarankan sebaiknya mulai dari PN 10, 12,5 dan 16 agar fitting segmented yang dihasilkan kokoh.
Keunggulan segmented HDPE fitting adalah:

  1. Ekonomis
  2. Tahan hingga PN pipa HDPE yang membentuknya.
  3. Cepat dan praktis dalam pengadaan.
  4. Banyak tersedia dipasaran..
  5. Memiliki kekuatan yang sama dengan pipa HDPE nya.

INJECTION MOLDED HDPE FITTING

Dari namanya jelas bahwa fitting HDPE yang satu ini dibuat di pabrik dengan pola cetak (molding) yang sudah baku.
Molded HDPE fitting digunakan untuk tekanan diatas 10 bar dan umumnya memiliki bentuk yang lebih “manis” ketimbang Segemented fitting.
Sayangnya untuk ukuran pipa HDPE yang jarang seperti 225mm, 75mm jarang ada fittingnya. Karena pabrikan ingin memproduksi untuk ukuran yang “laku” saja.
Keunggulannya jelas lebih baik daripada segmented fitting, tapi persoalannya adalah harganya yang sangat tinggi dan waktu pemesanan yang lama karena memang produksinya memerlukan waktu yang lama.

COMPRESSION FITTING

Sebenarnya COMPRESSION FITTING HDPE tidak terbuat dari bahan HDPE melainkan dari bahan yang lebih kaku, yaitu PP (poly Prophylene). Bahan PP dipilih karena sifat kakunya sehingga dapat mengcompress atau menjepit pipa HDPE yang lebih lentur sifatnya.
Compression fitting banyak digunakan untuk jaringan rumah (house connection) atau biasa kita sebut sebagai SR (saluran rumah).
Kami mempunyai berbagai jenis compression fitting HDPE antara lain: straight coupler, elbow, male thread adaptor, female thread adaptor, end cap dll dari berbagai merk terkemuka yang beredar di Indonesia

ELECTROFUSION FITTING

Nah, ini dia yang paling high tech dan paling kokoh sambungannya serta paling cepat dalam pemasangannya.
Namun sayang, masih yang paling mahal karena sangat sulit dalam proses pembuatan di pabriknya. Fitting electrofusion HDPE adalah fitting yang telah dilengkapi dengan lilitan elemen pemanas dalam fitting tersebut.
Sehingga sewaktu penyambungan elemen pemanas tersebut dapat melelehkan bagian dalam fitting dan juga bagian luar pipa HDPE hingga bersenyawa (menyatu). Sumber listrik dihasilkan oleh mesin electrofusion berupa DC (direct current) sebesar 38,5 Volt atau sesuai dengan keinginan fitting tersebut.

MECHANICAL FITTING

Yang termasuk mechanical fitting ada banyak, antara lain adalah FLANGE TO FLANGE JOIN, DRESSER JOIN, REPAIR JOIN dan sebagainya.
Pada prinsipnya mechanical fitting selalu menggunakan mur dan baut untuk memasangnya.
Mechanical Fitting mungkin adalah jenis sambungan yang sudah sangat familiar bagi anda karena sudah banyak di aplikasikan untuk penyambungan pipa Steel, Galvanized, atau jenis pipa berbahan serupa.

Demikianlah semua jenis-jenis sambungan (fitting) yang bisa di aplikasikan pada pipa HDPE, pemilihan nya bisa tergantung pada kondisi di lapangan maupun besaran budget proyek yang tersedia.

Related Posts

Comments are closed.